Yunik Ekowati

Namanya adalah Yunik Ekowati lahir 10 juni dia adalah si sulung dari empat bersaudara perempuan semua. Bapaknya seorang pensiunan dinas pariwisata Sragen, yang ...

Selengkapnya
SI SAWO MATANG YANG MENGGODA

SI SAWO MATANG YANG MENGGODA

Di depan ruang laboratorium komputer sekolah, ada tanaman pohon yang sangat tidak asing bagi ku. Jika dulu, di samping rumah nenek ada pohon besar, daunnya sangat rimbun dan bergerumbul, buahnya yang berwarna coklat. Berbentuk bulat besar, bergerombol di sela-sela dedaunan yang rimbun.

Ternyata, tanaman buah Sawo namanya. Setiap pulang dari sekolah, bermain di bawah pohonnya yang sangat rindang. Sambil memanjat ramai-ramai dengan teman-teman sepermainan, waktu itu. Nenek bilang, “nek menek wit Sawo ojo duwur-duwur, mengko yen tibo loro yo nduk…” yang artinya adalah, jika memanjat pohon sawo, jangan tinggi-tinggi, nanti kalau terjatuh sakit ya nduk.

Nenek menyuruh memetik buah sawo yang buahnya di tangkai bawah saja, agar mudah memetinya. Setelah dipetik, cucilah dengan air bersih kemudian simpan beberapa lama biar matang. Pesan nenek sebelum aku pulang dengan teman-teman. Setelah matang, dimakan, rasanya sangatlah manis da nada aroma khas buah Sawo.

Beberapa waktu lalu, aku berusahan mencari tahu tentang macam-macam jenis buah Sawo dan beberapa manfaatnya. Jenis buah Sawo, antara lain adalah : sawo mentega, manila, kecik, sawo duren ternyata setelah ku cocokkan dengan gambar yang ada di internet, jenis buah sawo yang tumbuh di depan ruangan laboratorium computer adalah jenis, sawo manila.

Setelah mengetahui jenisnya, ternyata manfaat buah sawo manila bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Ya, buah sawo manila atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah sawo saja merupakan buah yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunsya di Indonesia. Buah sawo manila secara kasat mata saja memang berbeda dengan buah sawo duren atau buah sawo kecik.

Dapat dikatakan bahwa kawasan Asia ini merupakan produsen dan konsumen utama buah sawo. Selain rasanya yang manis, buah sawo memiliki daging yang lembut dan banyak mengandung kadar air didalamnya. Sehingga buah ini cocok sekali dikonsumsi di daerah tropis karena dapat membantu asupan kadar air dalam tubuh.

Umumnya buah sawo dikonsumsi dengan memakannya secara langsung dalam keadaan segar. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti selai, sirup atau dicampur dengan es krim. Selain memiliki rasa yang manis, ternyata buah sawo manila juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat buah sawo manila bagi kesehatan:

1. Sebagai sumber serat yang sangat baik bagi tubuh sehingga dapat membatu mengatasi sembelit.

2. Seratnya yang baik sangat berguna untuk mencegah tubuh dari berbagai penyakit kanker

3. Mengandung mineral dan vitamin A dan C yang berguna untuk meningkatnkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah sakit

4. Berfungsi sebagai sumber makanan peningkat energi alami karena banyak mengandung fruktosa dan sukrosa

5. Mengatasi gangguan pada usus dan gastritis.

6. Memberikan asupan cairan dalam tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi

7. Mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai anti virus dan bakteri

Ternyata buah ini tidak hanya enak di konsumsi saja, bukan? Buah sawo, memang banyak disukai oleh hampir setiap orang, karena rasanya yang manis dan harganya yang murah. Selain itu, buah sawo dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko buah dan pasar swalayan. Mengonsumsi buah sawo, secara teratur dalam jumlah yang cukup dapat membantu badan tetap sehat. Tentu saja hal itu harus didukung dengan makanan sehat dan rutin berolah raga. SELAMAT MENCOBA….

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Waahh ternyata banyak juga manfaatnya..terimakasih ya Bu..salam

14 Mar
Balas

iya bu Edit Kadila, saya jg tidak tahu dlu. pdhal dari kecil sering makan buah sawo. semoga bermanfaat utk smua amin...

14 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali